JellyPages.com

Sunday, February 15, 2009

PAwai budaya hari ni di balikpapan.!!


Perayaan HUT ke-112 Kota Balikpapan bakal lebih semarak dengan kehadiran puluhan penggemar sepeda ontel yang diundang Pemkot Balikpapan untuk berpartisipasi pada pawai budaya, Minggu (15/2), pukul 12.30 Wita. Mereka berasal dari beberapa komunitas, seperti Ontel Balikpapan Mania (Obama), Bubuhan Ontel Mahakam Samarinda, Ontel Sangasanga Kutai Kartanegara, Bontang Ontel Community, Ontel 99 Balikpapan.

Bahkan ada dua penggemar ontel yang jauh-jauh datang dari Surabaya, Jawa Timur, untuk bergabung dengan sesama penggemar ontel di Kaltim. Sebelum mengayuh sepeda di jalan, malam tadi mereka dijamu Wakil Wali Kota (Wawali) Balikpapan Rizal Effendi di rumah wawali, Jl ARS Muhammad. “Luar bisa, ini suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami, karena mau memeriahkan HUT Kota Balikpapan,” ujar Rizal dalam sambutannya.

Menurut Rizal, pihaknya sengaja mengundang komunitas penggemar ontel karena pemkot sedang berupaya membudayakan berkendara sepeda untuk masyarakat Balikpapan. Tujuannya, selain dapat mengurangi polusi udara dan kemacetan, bersepeda juga mengajarkan cara hidup hemat tanpa harus membeli bahan bakar minyak.

Tidak hanya itu, dampaknya juga dapat membawa kesehatan bagi masyarakat itu sendiri. Rizal lantas mengambil contoh Tiongkok, negara yang kini kini menjadi salah satu negara terkaya di Dunia, terutama di bidang teknologi. Meski sudah maju, hingga kini mayoritas masyarakatnya tetap menggunakan sepeda, mulai dari bepergian, bekerja dan lainnya. “Tiongkok itu kaya dan teknologinya tinggi, tapi masyarakatnya masih suka naik sepeda.

Ini bisa jadi contoh,” tutur Rizal. Sementara itu, Ketua Obama Budi Handoyo mengungkapkan, pihaknya mendampingi komunitas sepeda ontel dari berbagai daerah merasa bahagia bisa ambil bagian dalam pawai budaya HUT Balikpapan. “Kami juga akan terus membantu pemkot membudayakan masyarakat untuk bersepeda,” terang Budi.

Di tempat yang sama, Katua Pelaksana HUT Balikpapan Oemy Facessly B SH MSi mengatakan, karnaval sepeda ontel rencananya akan dilaksanakan pukul 12.30 Wita dari Lapangan Merdeka menuju kawasan Balikpapan Permai.

Sedangkan karnaval kendaraan hias dari berbagai kelompok peserta bertolak pukul 13.00 Wita dari Lapangan Merdeka berkeliling kota. “Start-nya duluan ontel setengah jam, baru kemudian karnaval kendaraan hias. Nanti panggung kehormatannya ada di depan kantor wali kota,terang Oemy

sumber www.kaltimpost.web.id

0 comments:

Post a Comment