JellyPages.com

Sunday, November 18, 2012

Garuda Fleet Team

Berbicara mengenai dunia aviasi di Indonesia, semua kalangan pasti tidak ada yang tidak kenal dengan yang satu ini.


GARUDA INDONESIA


Garuda Indonesia, merupakan maskapai plat merah di Indonesia yang telah banyak makan asam garam di dunia penerbangan domestik maupun internasional sekarang telah menjelma menjadi sosok kekuatan baru di dunia aviasi internasional. Dengan rating 4 stars out of 5 stars yang dikeluarkan oleh SKYTRAX atau si emboknya yang menjadi basis atau tolak ukur kinerja dari maskapai di seluruh dunia. Suatu rating yang bisa dibilang cukup membanggakan buat maskapai di Indonesia yang sangat terkenal dengan LCCnya dan ketidaknyamanan dalam pesawatnya. Garuda yang tetep keukeuh betahan di konsep full servicenya akhirnya memang membuktikan sebagai maskapai nomor WAHID di negeri tercinta ini dengan menjadi salah satu maskapai di indonesia yang pertama mendapatkan sertifikasi terbang ke Eropa sejak masa2 kelam sejarah aviasi di Indonesia dengan banned dari otoritas aviasi di benua biru tersebut. Nah membahas semua prestasi yang telah dicapai tersebut sekarang saatnya membahas tentang armada tim yang dimiliki garuda untuk mengarungi kompetisi aviasi di dunia ini.. Let's cekidot guys..!!! :D

Yang pertama ada B737 versi classic (B737-300&500) yang sangat dan super duper familiar bagi semua maskapai di Indonesia, yang membedakan dengan maskpai lainnya fleet GIA yang satu ini tentunya adalah tingkat maintenance dan kenyamanan on-board yang tinggi yang sudah merupakan prosedur dari GIA itu sendiri.
Berikut spesifikasi mesin yang di punya oleh pesawat ini, mesin yang digunakan merupakan keluaran dari CFM dan tipe yang dipasang di pesawat ini adalah CFM56-3C1.


sumber: www.garuda-indonesia.com


CFM56-3C1

Thrust (Dry & Wet)                                : 23,500 lbf
Specific Fuel Consumption (Dry &Wet) : 0.330lb/lbf hr
Airflow (Static)                                              : 710 lb/s
Overall Pressure Ratio (Static)                       : 25.7
Bypass Ratio (Static)                                     : 6.00
Thrust (Cruise)                                              : 5,370 lbf
SFC (Cruise)                                                : 0.667lb/lbf hr
Cruise Speed                                                : 0.80 Mach
Cruise Altitude                                              : 35,000 ft
Number Spools                                             : 2
Fan Diameter                                                 : 60.0 inch
Length                                                           : 93.1 inch
Width/Diameter                                             : 63 inch
Dry Weights                                                  : 4,301 lb


sumber: www.garuda-indonesia.com

Next fleet yang tergabung di dalam tim GIA adalah new generation type from B737 or well known with B737-800NG. Armada keluaran Boeing yang berasal dari negeri uncle sam ini merupakan salah satu armada yang di proyeksikan oleh pihak management GIA dalam rangka atau project revitalisasi armada dari GIA.



sumber: www.garuda-indonesia.com

masih sama dengan yang versi classic, versi new generation kali ini juga menggunakan mesin keluaran dari CFM namun dengan versi CFM56-7B. Spesifikasi dari CFM56-7B kali ini adalah:

CFM56-7B

Thrust (Dry & Wet)                                        :               23,500 lbf
Specific Fuel Consumption (Dry & Wet)         :               0.330lb/lbf hr
Airflow (Static)                                                      :               710 lb/s
Overall Pressure Ratio (Static)                               :               25.7
Bypass Ratio (Static)                                             :               6.00
Thrust (Cruise)                                                      :               5,370 lbf
SFC (Cruise                                                          :               0.667lb/lbf hr
Cruise Speed                                                        :               0.80 Mach
Cruise Altitude                                                      :               35,000 ft
Number Spools                                                     :               2
Fan Diameter                                                        :               60.0 inch
Length                                                                  :               93.1 inch
Width/Diameter                                                    :               63 inch
Dry Weights                                                         :               4,301 lb


Tipe fleet yang berikutnya adalah tiga pesawat wide body yang diperuntukan untuk rute - rute jarak jauh maupun internasional seperti tujuan ke amsterdam maupun timur tengah. Wide body fleet yang pertama adalah A330-200.


sumber: www.garuda-indonesia.com

pesawat ini menggunakan mesin keluaran dari Rolls-Royce bertipe Trent772C dengan spesifikasi sebagai berikut: ROLLs-ROYCE

Trent772C

Thrust (Dry & Wet)                   :               72,000 lbf
Airflow (Static)                                 :               1,978 lb/s
Overall Pressure Ratio (Static)          :               36.8
Bypass Ratio (Static)                        :               4.89
Number Spools                                :               3
Fan Diameter                                   :               97.4 inch
Length                                              :               154 inch
Dry Weights                                      :               10,467 lb


Pesawat wide body yang kedua adalah A330-300, pesawat keluaran dari benua amerika ini sama seperti yang bertipe A332 juga menggunakan mesin keluaran dari Rolls-Royce yang bertipe Trent768.

 

sumber: www.garuda-indonesia.com


ROLLs-ROYCE Trent768

Thrust (Dry & Wet)                      :               67,500 lbf
Airflow (Static)                             :               1,932 lb/s
Overall Pressure Ratio (Static)      :               35.2
Bypass Ratio (Static)                    :               4.97
Number Spools                            :               3
Fan Diameter                                :               97.4 inch
Length                                          :               154 inch
Dry Weights                                             :                    10,550 lb

Wide body yang terakhir merupakan armada yang cukup senior dihangar GMF yaitu B747-400. Pesawat yang mungkin sangat familiar oleh para jamaah haji Indonesia ini menggunakan mesin keluaran GEAviation yang bertipekan CF6-80C2B1F




sumber: www.garuda-indonesia.com

GE CF6-80C2B1F 

Thrust (Dry & Wet)                                    :               57,160 lbf
Specific Fuel Consumption (Dry & Wet)     :               0.316 lb/lbf hr
Airflow (Static)                                           :               1764 lb/s
Overall Pressure Ratio (Static)                    :               30.4
Bypass Ratio (Static)                                  :               5.15
Thrust (Cruise)                                           :               12,280 lbf
SFC (Cruise                                              :               0.564 lb/lbf hr
Cruise Speed                                             :               0.80 Mach
Cruise Altitude                                           :               35,000 ft
Number Spools                                         :               2
Fan Diameter                                             :               93.0 inch
Length                                                       :               160.9 inch
Width/Diameter                                         :               106 inch
Dry Weights                                              :               9,499 lb



Selain yang disebutkan diatas, ternyata Garuda masih mempunyai dua jenis pesawat lagi untuk memperkuat posisinya di kancah permaskapaian nasional dan internasional. Pesawat yang pertama adalah si CRJ-1000NG keluaran dari Bombardier Kanada. Pesawat yang berstuktur bodi ramping ini mempunyai kapasitas dibawah 100 penumpang. Pihak management GIA sendiri mendatangkan pesawat ini dengan maksud untuk memperkuat dominasi penerbangannya di kawasan Indonesia Timur.


sumber: flyingphotomagazine.blogspot.com


Satu lagi pesawat yang paling ditunggu pihak manajemen GIA adalah si B777-300ER yang berjumlah 10 pesawat. Semula diperkirakan kedatangannya pada tahun 2011 dan karena telah terjadi sesuatu hal maka kedatangannya pun tertunda hingga di perkirakan awal tahun 2013 mendatang. Pesawat ini semula di proyeksikan oleh pihak management GIA untuk terbang ke wilayah Eropa maupun Amerika Selatan non-stop dari Jakarta.

1 comments:

ferry said...

mesin bombardir apa sih jenisnya dan spesifikasinya??

Post a Comment